RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Sekolah :
SMP NEGERI 3 ANGGERAJA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII/Genap
Jenis teks : Teks Fungsional Pendek
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit
Standar Kompetensi : 8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional
dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar : 8.1. Merespon makna
yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator : * Merespon
makna dalam teks teks fungsional
pendek berbentuk: Announcement.
*
Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar
* Menentukan ciri – ciri kebahasaan dari masing
– masing teks fungsional yang didengar.
1. Tujuan
Pembelajaran :
Ø
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
- Merespon makna dalam teks announcement (Rasa
ingin tahu)
- Menentukan fungsi
komunikatif teks announcemet (Kreatif)
- Menentukan ciri –
ciri kebahasaan teks announcement (mandiri)
2. Materi Pembelajaran

3. Metode / Teknik : Active learning/ Talking Stick
4. Langkah-langkah Kegiatan
Perincian Waktu
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Kecapan hidup yang dikembangkan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Kegiatan Awal
|
||||||
10’
|
Introduction
|
1. Menyapa siswa
2. Memeriksa lingkungan belajar
3. Memeriksa kehadiran
4. Menjelaskan tujuan pembelajaran
5.
Memotivasi siswa
|
||||
5’
|
Connection
|
1. Memberi pertanyaan kepada siswa
“ If you want all your friends know at the same time, when your party will be
held. What must you do ?
|
ü
|
ü
|
||
Kegiatan Inti
|
||||||
50’
|
Aplication
|
1. Guru meminta siswa menemukan
pasangannya.
2. Guru membagikan contoh
pengumuman dan ungkapan – ungkapan yang biasa di gunakan untuk membuat
pengumuman.
3.
Menjelaskan cirri – cirri kebahasaan dan fungsi komunikatif teks
pengumuman.
4. Guru membacakan pengumuman
5. Guru menyiapkan sebuah tongkat.
6.
Setiap pasangan yang mendapat tongkat harus menjawab pertanyaan
berdasarkan teks pengumuman yang dibacakan.
7. Pasangan tersebut dapat
memindahkan tongkat ke pasangan lainnya.
8. Guru memberi pertanyaan ke
pasangan berikutnya yang memperoleh tongkat
9. Demikian selanjutnya sampai
semua siswa memperoleh kesempatan
10. memberi evaluasi.
|
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
|
Kegiatan akhir
|
||||||
10’
|
Reflection
|
1. Menanyakan kesulitan siswa
2. Memgingatkan kembali apa yang
telah di pelajari
|
||||
5’
|
Extention
|
1. Memberi tugas kepada siswa untuk
mencari contoh announcement di rumah..
|
1.)
Kooperatif 2.) Pemecahan
masalah 3.) Pertanyaan tingkat tinggi
4.) Karya siswa
5. Sumber dan media Pembelajaran
1. – English in Focus
-
Scaffolding
2. Media Pembelajaran :
Questions
:
1.
Who will join Anindya’s party ?
4.
What will the guest who shares the
joyness get from anindya ?
5.
Where will the party be held ?
6.
When will the party be held ?
7.
What does anindya hope from her
friends ?
6.
Penilaian dan Tindak Lanjut
1. Teknik
Penilaian : performance dan Penilaian
sikap
2.
Bentuk Penilaian : Unjuk kerja
dan penugasan
3. Rubrik penyekoran : Mendengarkan
a. 1. Tiap nomor dengan jawaban benar skornya 5
2. Skor
maksimal 5
3. Nilai siswa
diperoleh dengan menggunakan rumus :
Skor perolehan

Skor maksimal
b.
Rubrik penyekoran : mendengarkan
Nomor
|
Uraian
|
Skor
|
1 s/d 6
|
Setiap jawaban
benar, struktur kalimat dan ejaan benar
|
5
|
Setiap jawaban
benar struktur kalimat kurang tepat, ejaan benar
|
4
|
|
Setiap jawaban
benar, struktur kalimat salah ejaan benar
|
3
|
|
Setiap jawaban
benar struktur kalimat salah ejaan salah
|
2
|
|
Setiap jawaban
salah struktur kalimat dan ejaan salah
|
1
|
|
Tidak ada jawaban
|
0
|
Anggeraja, Agustus 2016
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
HJ. MASNAH R., S.Pd. SARTINI
SAFITRI SATIR, S.Pd
NIP. 19581231
197803 2 016
Learn how to play baccarat - febcasino.com
ReplyDeleteHow to Play Baccarat. A few of 메리트 카지노 the famous and 메리트카지노 popular Asian-style card games are available online. But what are the rules for 바카라 playing Baccarat in the US?